Type Here to Get Search Results !

Pengajian Alumni Dayah Malikussaleh (ADAM) Bab Qurban

Pengajian Alumni Dayah Malikussaleh (ADAM) Bab Qurban



Dayah Malikussaleh Pantonlabu - Minggu,4 Juli 2021

 Pengajian Bulanan Alumni Dayah Malikussaleh atau lebih ringkasnya disingkat dengan kata “ADAM”. Pengajian ini terbentuk atas kesepakatan Alumni dayah Malikussaleh dengan menunjuk beberapa orang pengurus yang berasal dari anggota alumni Dayah Malikussaleh sendiri. Pengajian ini sudah dimulai sejak Agustus 2020 dan berjalan sampai sekarang.

 Dari namanya, jika kita perhatikan nampaknya hanyalah sebagai pengajian biasa yang ada seorang guru pengasuh dan lain hanya sebatas menyimak, dan terfokus pada satu kitab saja. Namun meskipun namanya hanya sebatas pengajian, tapi yang terjadi di lapangan bukanlah sebagai pengajian yang terjadi malahan yang terjadi dalam bentuk kajian terhadap sebuah tema yang telah disediakan atau diajukan oleh penitian pelaksaan pengajian ini.

Baca Juga : Penyebab mudahnya Rezeki

Pada setiap bulannya para Alumni selalu menyediakan tema yang berbeda-beda untuk dikaji dengan tuntas. Kebiasaannya tema yang di persiapkan Alumni adalah hal-hal yang sudah menjadi permasalahan dan perbedaan pendapat di kalangan masyarakat. Dengan adanya pengajian ini para Alumni yang mungkin merasa ada permasalahan yang belum terselesaikan maka dalam pengajian ini langsung dipertanyakan pada guru pengasuh hingga tuntas.

Sampai saat ini guru pengasuh yang dijadwalkan ada yang langsung dari Mudir Dayah Malikussaleh dan ada juga dari guru-guru senior yang sudah menjadi Alumni Dayah Malikussaleh.

Karena mengingat dan mempertimbangkan tidak lama lagi akan memasuki bulan Dzulhijjah, pada bulan tersebut ada salah satu ibadah yang di anjurkan oleh Allah Ta’ala yang tidak ada pada bulan yang lain dan di waktu yang lain. Maka Alumni Dayah Malikussaleh membuat satu tema yang khusus tentang ibadah tersebut, Yaitu QURBAB (UZHIAH).

Dalam masalah ini, Alumni memilih guru pengasuh yang akan membahas  dan menjelaskan dengan detil, yaitu Tgk H. Boyhaki Yahya atau lebih akrab di kenal dengan sebutan “BABA Panton”. Dan Beliau merupakan Wadir 1 Dayah Malikussaleh.

 Dipertemuan kali ini beliau menjawab ke musykilan-kemusykilan yang sudah terjadi atas perbedaan pendapat di kalangan ummat mengenai tentang qurban, mulai dari waktu dan tata pelaksanaannya, hewan apa sajayang bisa dijadikan qurban serta bagaimana ketentuan hewan qurban yang sah menurut Ahli sunnah waljama’ah.

Dari berbagai referensi kitab, mulai dari kitab mukhtasar hinggga kitab muthawalat Baba memberi pencerahan tentang semua khilafiah yang berkenaan tentang qurban baik pendapat kuat atau sebaliknya.

Untuk lebih lanjutnya tentang semua penjelasan Baba mari simak dalam pengajian Baba di bawah ini.

Buka: 

Pengajian Bulanan ADAM LPDK Dayah Malikussaleh

Pengajian Bulanan ADAM LPDK Dayah Malikussaleh


Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.

Cari Blog Ini